Franchise Bubur Bayi Sehat

Pentingnya Memilih Wadah Makanan Tepat

Posted on: 18 Mei 2011

JAKARTA, KOMPAS.com – Meningkatkan kesadaran akan kesehatan dan menanamkan pola hidup sehat sejak dini sudah selayaknya menjadi prioritas dan fokus perhatian para orang tua. Hal ini merupakan langkah tepat untuk mengurangi risiko beragam masalah kesehatan pada anak.

Salah satu langkah sederhana yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan wadah makanan yang aman. Mengapa wadah? Pasalnya, wadah merupakan bahan yang bersinggungan langsung dengan makanan, dan tak jarang mengandung bahan-bahan kimia yang berbahaya untuk kesehatan. “Orang tua khususnya, dituntut lebih cermat dalam menyediakan wadah makanan kepada anak,” ujar dr Yadi Haryadi, pakar pangan Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam seminar bertema ‘Penerapan Pola Hidup Bersih, Sehat dan Aman’, Kamis (5/4/2011) di Jakarta.

Menurut Yadi, kebanyakan orang tua dalam memberikan bekal makanan kepada anak kurang memperhatikan penggunaan wadah yang terbukti aman bagi kesehatan.

“Karena penggunaan wadah makanan yang tidak aman akan memungkinkan terjadinya perpindahan zat-zat kimia yang terkandung dalam plastik ke dalam makanan,” imbuh Yadi.

Perpindahan zat kimia dari wadah ke makanan biasa disebut dengan migrasi. Zat-zat kimia tersebut kata Yadi, dapat menjadi racun yang membahayakan bagi kesehatan anak.

“Migrasi bahan kimia dapat disebabkan oleh suhu makanan, kondisi penyimpanan dan proses pengolahannya. Semakin tinggi suhu, maka semakin banyak bahan kimia yang bermigrasi,” lanjutnya.

Ia menambahkan, materi plastik yang direkomendasikan untuk makanan dan minuman hanya plastik dengan logo food gradeFood grade adalah kemasan plastik yang direkomendasikan oleh Food and Drug Administration (FDA) AS sebagai wadah makanan dan minuman yang aman bagi kesehatan.

Menggunakan wadah yang aman, kata Yadi, juga akan mengurangi penggunaan jumlah plastik danstyrofoam, yang kemudian akan berdampak positif pada kelangsungan dan kelestarian bumi karena mengurangi jumlah sampah berbahaya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan email anda

Bergabunglah dengan 18 pengikut lainnya

Blog Stats

  • 13,296 hits
%d blogger menyukai ini: